www.AlvinAdam.com

Berita 24 Riau

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Genbi Riau Buat Mural untuk Memotivasi Warga Mencintai ...

Posted by On Mei 01, 2018

Genbi Riau Buat Mural untuk Memotivasi Warga Mencintai ...

Genbi Riau Buat Mural untuk Memotivasi Warga Mencintai Lingkungan

GenBI Riau melakukan aksi pembuatan mural yang berlokasi di Jalan Karya 4 Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

Genbi Riau Buat Mural untuk Memotivasi  Warga Mencintai LingkunganistAnggota Genbi Riau tengah membuat mural di Jalan Karya 4 Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, dalam rangka membantu warga mencintai lingkungan. (Istimewa)

Laporan: Zul Indra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Masalah sampah sudah menjadi polemik di Indonesia, tak terkecuali di Provinsi Riau sendiri. Penyebabnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada tong sampah da n tempat-tempat yang sudah ditentukan.

Mereka lebih terbiasa membuang sampah sembarangan, apakah iu di sungai, pinggiran jalan maupun tempat lainnya.

Mengingat dampak negatif yang ditimbulkan, selain merusak keindahan lingkungan juga dapat menyebabkan bencana alam seperti banjir, maka sebagai bentuk kepedulian, GenBI Riau sebagai penerima beasiswa Bank Indonesia (BI) terhadap lingkungan, menyatakan aksi melalui pembuatan mural yang berlokasi di Jalan Karya 4 Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

Baca: Kedai Tuak Ini Kembali Dirazia Satpol PP Pelalawan Karena Membandel, Barang-barangnya Disita

Ketua Pelaksana, Arif Hidayatullah Selasa (1/5/2018) mengatakan, GenBI Riau mengajak warga untuk mencintai lingkungan dengan membuat mural, adalah kegiatan menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas dengan tema tema ajakan mencintai lingkungan.

Menurutnya, lokasi tersebut dulunya dijadikan tem pat pembuangan sampah secara sembarang oleh masyarakat dimana sampah menumpuk banyak di pinggiran jalan dan menimbulkan bau yang menyengat yang tentu saja memberikan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan.

"Sebelum mural dikerjakan oleh GenBI Riau, anggota GenBI Riau membersihkan lokasi tersebut terlebih dahulu dari tumpukan sampah. Pengerjaan pembersihan lokasi dari sampah dilakukan secara bertahap selama 2 minggu.

Baca: Dinas Koperasi Kampar Belum Terima Daftar Anggota Koperasi Siabu

"Pada pertengahan Maret lalu, anggota GenBI Riau mulai melakukan pembuatan mural dari pagi hingga sore. Design yang dibuat oleh GenBI Riau bervariasi mulai dari lukisan abstrak hingga lukisan yang bersifat himbauan kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di lokasi tersebut," jelas Arif.

Selain itu, lanjutnya, mural tersebut tidak hanya dapat digunakan sebagai media edukasi kepada masyarakat yang sering membuang sampah sembarangan di lo kasi Jalan Karya 4, namun sekarang sudah dapat dijadikan sebagai tempat objek wisata baru yang kekinian atau instagramable.

Upaya yang dilakukan oleh GenBI Riau ternyata mendapatkan apresiasi dari Kepala Desa Tanah Merah, ia menghimbau agar bersama-sama merawat dan menjaga lingkungan, khususnya Jalan Karya 4 yang sudah dibenahi oleh GenBI Riau sehingga menjadi tempat yang bersih, bebas sampah dan juga dapat digunakan sebagai spot untuk berfoto.

Baca: Masih Ada Perusahaan di Pekanbaru Gaji Karyawanya Dibawah UMK, Ini Buktinya

Apresiasi tersebut juga direalisasikan oleh Kepala Desa dengan memberlakukan denda kepada siapa saja yang masih membuang sampah tidak pada tempatnya di daerah Desa Tanah Merah.

"Kedepannya, kegiatan sejenis juga masih akan dilakukan oleh GenBI Riau di lokasi yang dijadikan tempat penampungan sampah yang bukan pada tempatnya. Upaya tersebut dilakukan untuk mengedukasi masyarakat agar bersama-sama mencintai dan mer awat lingkungan sebagai warisan bagi generasi selanjutnya,"tutup Arif.(zid)

Penulis: Zul Indra Editor: Budi Rahmat Sumber: Tribun Pekanbaru Ikuti kami di Oknum Pria Berseragam Polisi Pukul Wanita hingga Terkapar di Depan Anak Kecil Daerah Blora Sumber: Google News | Berita 24 Riau

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »