www.AlvinAdam.com

Berita 24 Riau

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Poltracking: Syamsuar unggul di Pilgub Riau, tapi 57,3% masih bisa ...

Posted by On Maret 25, 2018

Poltracking: Syamsuar unggul di Pilgub Riau, tapi 57,3% masih bisa ...

Merdeka > Politik Poltracking: Syamsuar unggul di Pilgub Riau, tapi 57,3% masih bisa ubah pilihan Minggu, 25 Maret 2018 23:17 Reporter : Abdullah Sani poltracking rilis hasil survei pilgub Riau. ©2018 Merdeka.com/abdullah sani

Merdeka.com - Lembaga survei Poltracking Indonesia melakukan survei melibatkan 800 responden untuk Pemilihan Calon Gubernu r Riau. Hasilnya, pasangan nomor urut 1, Syamsuar dan Edy Nasution menempati peringkat paling atas. Keduanya ternyata lebih banyak dikenal masyarakat baik secara sosok pribadi, maupun sebagai pasangan calon.

BERITA TERKAIT
  • Diduga dukung paslon Cagub Riau, Pj Bupati Inhil dipanggil Bawaslu
  • Jika menang Pilgub Riau, Syamsuar-Edy klaim tak ada pungutan sekolah di Riau
  • Bawaslu periksa saksi ahli terkait laporan cagub Riau beristri dua

"Kita melakukan pendataan dan survei yang dilaksanakan 20-25 Februari lalu. Poltracking menurunkan 80 pewawancara untuk menanyai 800 responden yang tersebar di Riau," ujar kata Peneliti Senior Poltracking Indonesia, Arya Budi, dalam siaran persnya, Minggu (25/3).

Dikatakan Arya, Poltracking melakukan survei melalui tanya jawab langsung dengan margin of eror kurang lebih 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Hasilnya elektabilitas calon gubernur secara sos ok pribadi, Syamsuar ada di posisi paling atas sebesar 19,2 persen, kedua Firdaus 12,9 persen, Lukman Edy 11,6 persen dan Andi Rachman 10,6 persen, lainnya 2,2 persen, tidak tahu atau tidak menjawab 43,5 persen," kaya Arya.

Saat survei, responden diminta untuk menyebut 4 nama yang diinginkan jadi calon gubernur. Lagi-lagi nama Syamsuar paling atas. Bupati Siak dua periode itu disebut responden sebanyak 21,6 persen, Lukman Edy 17,7 persen, Firdaus 16 persen, Andi Rachman 15,1 persen, tidak tahu/tidak jawab 29,6 persen.

"Sedangkan untuk elektabilitas calon wakil gubernur tanpa pasangan, Edy Natar Nasution berada paling atas, yakni sebesar 14,6 persen. Kedua ditempati Suyatno 12,6 persen, Hardiyanto 11,2 persen, Rusli Efendi 8,7 persen, lainnya 2,9 persen, tidak jawab/tidak tahu 50 persen," terang Arya.

Sementara itu, jika nama pasangan calon disebutkan untuk dipilih masyarakat yang menjadi responden, paslon Syamsuar-Edy berada di peringkat paling atas, yakni 19,8 persen.

Peringkat kedua diraih paslon Lukman Edy-Hardianto 17,8 persen, Firdaus-Rusli 16,4 persen dan Andi Rachman 11,2 persen. Responden yang tidak menjawab dan menyatakan tidak tahu sebesar 34,8 persen.

"Tidak ada kandidat yang dominan. Karena itu, para calon punya peluang yang sama karena jarak perbedaannya sangat tipis bahkan di bawah angka 3,5 persen," jelasnya.

Arya menyebutkan, para paslon memiliki kesempatan untuk melakukan strategi dalam memenangkan hati masyarakat. Angka hasil survei tersebut merupakan potret dari perolehan calon, dan itu bisa berubah setiap waktu.

Sebab, responden yang tidak menjawab dan menyatakan tidak tahu serta belum menentukan pilihan lebih besar ketimbang yang menjawab.

"Bahkan dari hasil survei kami, sebesar 57,3 persen menyebut masih bisa mengubah pilihannya, 13,2 persen, sedangkan menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 29,5 persen. Ini menjadi peluang bagi para kand idat untuk terus berjuang meraih suara," ungkap Arya. [rnd]

Baca Juga:
Diduga dukung paslon Cagub Riau, Pj Bupati Inhil dipanggil BawasluJika menang Pilgub Riau, Syamsuar-Edy klaim tak ada pungutan sekolah di RiauBawaslu periksa saksi ahli terkait laporan cagub Riau beristri duaSoal Cagub Riau beristri 2, KPU sebut tidak masalahLoloskan cagub Riau beristri dua, KPU dilaporkan ke BawasluKampanye Pilgub Riau, Syamsuar janji pedagang bebas dari rentenirTerlibat politik praktis, ASN Pemprov Riau dilaporkan ke Mendagri
FOKUS
PILKADA SERENTAK 2018

Topik berita Terkait:
  1. Pilgub Riau
  2. Pilkada Serentak
  3. Pekanbaru
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini
  • Relawan milenial deklarasi dukung Khofifah di Candi Wringin Lawang

  • Poltracking: Syamsuar unggul di Pilgub Riau, tapi 57,3% masih bisa ubah pilihan

  • Relawan Sudirman Said mengeluh kekurangan dana, Sandiaga Uno ajak saweran

Rekomendasi

Sumber: Google News | Berita 24 Riau

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »