www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Gubernur Harapkan Kades Berurusan Hukum Akibat Dana Desa ...

Posted by On Desember 13, 2017

Gubernur Harapkan Kades Berurusan Hukum Akibat Dana Desa ...

Gubernur Harapkan Kades Berurusan Hukum Akibat Dana Desa Tidak Bertambah di Riau

Bahkan bisa saja bertambah jumlah kasus di Provinsi Riau, karena masih banyak Kades yang tidak mengerti menjalankannya.

Gubernur Harapkan Kades Berurusan Hukum Akibat Dana Desa Tidak Bertambah di Riauhttp://pontianak.tribunnews.com/Ilustrasi

Laporan Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Menurut data dari Indonesian Corruption Watch (ICW) mencatat Kasus korupsi terbesar tahun 2017 ada pada penyelenggaraan dana Desa. Di Riau sendiri ada lima kasus dari 900 kasus yang ada di Indonesia.

Bahkan bisa saja bertambah jumlah kasus di Provinsi Riau, karena masi h banyak Kades yang tidak mengerti dalam menjalankan kegiatan menggunakan dana desa tersebut.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan dalam data yang ada di Riau, setidaknya ada lima kasus hukum terkait dana desa yang saat ini diproses oleh penegak hukum. Sementara di seluruh Indonesia ada setidaknya 900 kasus terkait penyelewengan dana desa yang sudah diproses oleh penegak hukum.

"Kita semua berkepentingan agar di Riau tidak terjadi kasus kasus hukum terkait dana desa ini, karenanya saya meminta peran dan fungsi pembinaan dan pengawasan dari kita semua ditingkatkan, "jelasnya.

Memang untuk tahun 2018 Dana Desa mengalami penurunan dari Rp1.269.305.925.000 menurun menjadi Rp1.254.688.851.000 untuk 1.592 Desa atau mengalami penurunan sebesar 1,15%.

Menurut Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman harus ada kesungguhan dan kerja keras dari semua pihak, baik di Dinas PMD Provinsi Riau, PMD Kabupaten, kecamatan, aparatur di desa, para pemangku ke pentingan di desa dan pendamping desa.

"Yang sangat penting, tentunya adalah bagaimana pembinaan dan pengawasan kita semua, pemerintah daerah dan perangkatnya sampai ke kecamatan, aparat penegakan hukum baik kejaksaan dan kepolisian, para pendamping, dan semua pihak agar dana desa yang begitu besar ini bisa benar - benar tepat sasaran dan mampu mencegah terjadinya penyalahgunaan dana desa, "ujar Gubernur.

Gubernur juga mengharapkan agar tetap Kepala Desa selalu mengasah kompetensi dan menjalankan aturan dalam menjalankan dana desa. Karena ini untuk pembangunan dan ada pertanggungjawaban dan ada yang mengawasi.

"Harus pisahkan antara dana desa dan lainnya. Kalau ada sosialisasi dan pelatihan Harus diikuti, "ujarnya.

Begitu juga kepada pendamping Desa menurut Gubernur harus beri penjelasan kepada Desa dalam pendampingan, Mulai dari perencanaan hingga evaluasi kerja.

Penulis: Nasyuha Editor: M Iqbal Sumber: Tribun Pekanbaru Ikuti kami di Gadis 12 Tahun Melahirkan Diam-diam lalu Simpan Bayi di Almari, Identitas Ayah Bayi Bikin Syok Sumber: Google News | Berita 24 Riau

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »