www.AlvinAdam.com


Berita 24 Riau

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

VIDEO: WALHI Riau Hadiahi KLHK Olahan dari Lahan Gambut

Posted by On Desember 23, 2017

VIDEO: WALHI Riau Hadiahi KLHK Olahan dari Lahan Gambut

News

VIDEO: WALHI Riau Hadiahi KLHK Olahan dari Lahan Gambut

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau memberikan hadiah berupa berbagai macam produk yang dihasilkan dari lahan gambut

Laporan reporter Tribunpekanbaru.com, Aan Ramdani

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau memberikan hadiah berupa berbagai macam produk yang dihasilkan dari lahan gambut kepada Kementrian Lingkungan Hidup dam Kehutanan (KLHK), Jumat pagi (22/12/2017).

Penyerahan hadiah secara simbolis diberikan di Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau yang diterima oleh Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera Amral Fery yang didampingi
Kepala BBKSDA Riau, Mahfud.

Penyerahan hadiah ini merupakan bentuk apresiasi kepada KLHK terkait dengan kandasnya gugatan Tata Usaha Negara yang di lakukan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta yang ditujukan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Gugatan tersebut terkait dengan keberatan RAPP mengenai SK No. 5322/Men-LHK-PHPL/UPH/HPL.1/10/2017 yang dikeluarkan KLHK pada 16 Oktober 2017 silam tetang Pembatalan Rencana Kerja Usaha (RKU) periode 2010-2019.

"Kami masyarakat Riau mengucapkan selamat Hari Ibu kepada Ibu Siti Nurbaya dan selamat atas kemenangan KLHK terhadap RAPP. Terima kasih telah membuktikan rasa sayangmu menyelamatkan ekosistem gambut Riau," jelas Direktur WALHI Riau, Riko Kurniawan.

Abdul Manan, perwakilan masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Kepulauan Meranti mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Ibu Siti Nurbaya yang turut hadir pada tahun 2015 lalu bersama Presiden Joko Widodo guna melihat b agaimana buruknya tata kelola yang dilakukan korporasi skala besar dilahan gambut yang mengakibatkan kebakaran hebat di Kabupaten Meranti.

"Kami khususnya masyarakat Meranti telah membuktikan kepada pemerintah dan daerah lainnya bahwa pengelolaan yang didasarkan pada kearifan lokal secara tidak langsung selain menjadi nafkah hidup kami, juga turut memberikan perlindungan terhadap ekosistem gambut. Berbagai produk olahan sagu dan tanaman asli gambut ini menjadi bukti kemandirian kami paska diberikannya akses kelola berupa Hutan DesaĆ¢€ ujarnya.

Sementara itu, Kepala P3E Sumatera, Amral Fery berterima kasih sebesar-besarnya atas dukungan yang diberikan kepada KLHK dan Ibu Menteri dalam melaksanakan kerja-kerja penyelamatan lingkungan hidup di Indonesia pada umumnya dan di Riau khususnya.

"Kemenangan KLHK atas gugatan RAPP kemarin merupakan cerminan proses dan prosedur hukum yang baik dan benar. Ini hanya kemenangan kecil, KLHK bersama Ibu Menteri masih m emiliki banyak PR lainnya terkait penyelamatan lingkungan hidup di Indonesia. Bertepatan Hari Ibu ini, kami juga ingin mengucapkan selamat kepada seluruh ibu di Riau yang turut serta dalam perlindungan ekosistem gambut RiauĆ¢€ pungkasnya. (*)

Penulis: Aan Ramdani Editor: David Tobing Sumber: Tribun Pekanbaru Ikuti kami di Siram Air Kencing ke Karpet Masjid, Seorang Pria Diamuk Warga, Ternyata Ini yang Dialaminya Sumber: Google News | Berita 24 Riau

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »