Mengapa Jumlah Bebas Visa Malaysia Lebih Banyak dari Indonesia?

Mengapa Jumlah Bebas Visa Malaysia Lebih Banyak dari Indonesia? Mengapa Jumlah Bebas Visa Malaysia Lebih Banyak dari Indonesia? Passport ...

Mengapa Jumlah Bebas Visa Malaysia Lebih Banyak dari Indonesia?

Mengapa Jumlah Bebas Visa Malaysia Lebih Banyak dari Indonesia?

Passport Index baru saja merilis daftar negara dengan paspor terkuat di dunia.

Mengapa Jumlah Bebas Visa Malaysia Lebih Banyak dari Indonesia?flamingoMenara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia.

TRIBUNPEKANBARU.COM - Passport Index baru saja merilis daftar negara dengan paspor terkuat di dunia. Lembaga buatan konsutan global yang berbasis di Kanada ini menempatkan Singapura sebagai negara dengan bebas visa terbanyak di dunia.

Singapura bebas visa ke 159 negara. Untuk pertama kalinya negara Asia memiliki bebas visa terbanyak dibanding negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat.

Selain Singap ura, ada negara Asia lain yang berada di urutan sepuluh besar. Negara tersebut adalah Korea Selatan di urutan tiga, Jepang di urutan empat, danMalaysia di urutan ke enam.

Negara tetangga yakni Malaysia bebas visa ke 154 negara. Coba bandingkan dengan Indonesia yang bebas visa ke 63 negara, itu pun sudah termasuk visa dinas dan diplomatik. Mengapa Malaysia termasuk sebagai negara dengan lebih banyak bebas visa?

"Malaysia ini keunggulannya negara persemakmuran. Mungkin di antara negara persemakmuran tidak ada requirement (persyaratan) untuk bebas visa. Itu pengaruh," tutur Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, saat dihubungi KompasTravel, Kamis (26/10/2017

Persemakmuran adalah persatuan negara berdaulat yang didirikan atau pernah dijajah oleh Inggris. Total ada 53 negara di dunia yang termasuk sebagai anggota persemakmuran atau Commonwealth of Nations. Malaysia adalah salah satunya.

Selain faktor persemakmuran, m enurut Hikmahanto, Malaysia kemungkinan dianggap tidak seperti Indonesia dalam konteks penyalagunaan visa oleh negara lain.

Faktor high spender atau jumlah pengeluaran saat berkunjung ke negara lain juga umumnya dipertimbangkan oleh negara tujuan untuk membebasvisakan suatu negara.

Sedangkan menurut Kepala Bagian Humas Ditjen Imigrasi, Agung Sampurno yang dihubungi KompasTravel, Kamis (26/10/2017), visa mutlak menjadi salah salah satu alat politik hukum suatu negara terkait dengan orang asing yang boleh masuk.

Politik kepentingan suatu negara tercermin dari jumlah bebas visa yang diberikan pada negara lain. Semakin banyak jumlah bebas visa yang diberikan maka politik keimigrasiannya cenderung terbuka. Begitu pula sebaliknya.

Editor: Muhammad Ridho Sumber: Kompas.com Ikuti kami di Tangkap Basah dan Rekam Selingkuhan Pacar saat Tanpa Busana, Model Cantik Ini Malah Menyesal... Sumber: Tribun Pekanbaru

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Lokal,1,
ltr
item
Berita 24 Riau: Mengapa Jumlah Bebas Visa Malaysia Lebih Banyak dari Indonesia?
Mengapa Jumlah Bebas Visa Malaysia Lebih Banyak dari Indonesia?
http://cdn2.tstatic.net/pekanbaru/foto/bank/images/menara-kembar-petronas-malaysia.jpg
Berita 24 Riau
http://www.riau.berita24.com/2017/10/mengapa-jumlah-bebas-visa-malaysia.html
http://www.riau.berita24.com/
http://www.riau.berita24.com/
http://www.riau.berita24.com/2017/10/mengapa-jumlah-bebas-visa-malaysia.html
true
1993975937604522219
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy